Monday, April 4, 2011

syukur - khusnuzhon - su'uzhon

bingung ni mu nyeritanya gimana, yang jelas kemarin pas pulang dari kondangan nikahan ka lucky, pitiw seangkot sama ibu-ibu yang bawa anaknya. anaknya masi bayi, digendong ama ibu2 itu. beliau duduk di sebelah pitiw. ibu2 itu cerita bahwa dia dari subang mau nyusul suaminya buat pulang bareng ke tasik, tapi ternyata pas dia dateng suaminya udah pulang, jadi merekja ga sempet ketemu padahal si ibu itu udah gapunya uang lagi. trus dia ngelanjutin curhatnya, katanya susah kalo ga punya sodara di bandung, gabisa minta tolong. pokonya intinya ibu itu kebingungan dan menceritakan masalahnya ke pitiw, dia juga bilang kalo yang lebih sedih lagi dia bawa anaknya, dengan keadaan ga punya uang dan ongkos buat pulang, dia bingung banget. sebelum naik angkot ibu itu bilang ke supirnya kalo dia mau ke arah kebon kalapa tapi gapunya ongkos, akhirnya supir yang baik hati itu mempersilakan si ibunya naik angkotnya tanpa harus bayar sampai tujuan. nah, ibu itu bilang bahwa harapan dia satu2nya adalah kerabatnya yang jualan mie ayam di sekitar kebun kelapa. kalo yang dituju ngga ada, dia gatau lagi harus gimana, tambah bingung.

dari situ sebenernya udah jelas bahwa ibu itu sangat mengharapkan bantuan saya khususnya dalam memberikan dia uang. ngerti, ngerti banget pitiw. tapiiiiii,, sayang sekalinya pitiw saat itu bener2 bawa uang pas banget dan mana udah dipake udunan buat nyecep undangan tea. sisa di dompet tinggal pas buat ongkos. astagfirullaoh, saya bingung juga pergolakan batin. saya pura-pura ngga ngerti aja. terus di sisi lain pitiw jadi kepikiran bahwa itu suatu modus aja, kaya di pelem slumdog millionare. jadi kaya ada suatu komunitas yang kerja dengan cara itu. cerita ini itu yang akhirnya minta bantuan berupa uang. wallahu'alam tapi jaman sekarang pitiw kepikirannya malah kesana, sempet terlintas. astagfirulloh. padahal kan belum tentu gitu dan si ibu itu ga terang2an bilang dia minta uang ke pitiw. aaaaaaa,, jadi bingung juga. hehe. mu bantu tapi gabisa. sedih. T_T

masih dalam angkot dan hari yang sama. di depan angkot (maksudnya di kursi sebelah supir) itu ada seorang kakek2 yang udah pake bantuan tongkat buat jalan, sepertinya sudah sangat renta, tapi dia pergi sendirian.. sedih banget pas ngeliat beliau mau turun dari angkot, harus dibantu. dan setelah turun, beliau nunggu angkot sendirian, badannya udah bungkuk gitu.. darisitu saya niat buat sebisa mungkin nanti ngga ngerepotin oranglain kaya gitu dan semoga ada yang mau "ngawulaan" saya kalo nanti saya udah tua renta. aamiiin.

akhirnya pitiw nyampe dan bilang ke ibu2 yang bawa bayinya itu: saya duluan bu, semoga ada jalan dan rizkinya dan ketemu sama kerabatnya yang jualan mie ayam itu.

terus, tadi pagi saya ketemu lagi dengan nenek2 yang jualan keripik. beliau cerita kalau baru saja diusir dari tempat biasa dia berjualan. katanya, biasanya dia biasa jualan di tempat itu sampai jam sepuluh, dan dagangannya selalu habis. tapi tadi baru jam setengah sembilan, dia diusir karena di tempat dia berjualan ada bosnya jadi gaboleh ada pedagang kaki lima atau apalah yang ngejajain dagangannya. dia bingung, padahal dagangannya tuh harus habis karena dia juga ngambil barang dari orang lain. saya ketemu beliau sekitar setengah sebelas. dan dia jalan dari perempatan cibaduyut sampai m.toha tempat saya ketemu beliau. jauh juga, ampe hampir 2jam dia berjalan. katanya dia cape. makanya istirahat dulu dan nyoba ngejualin lagi dagangannya. beliau jualan keripik ubi dan singkong. karena alhamdulillahnya saya bawa uang, yaudah saya beli keripiknya walaupun cuma satu. saya bilang, punten bu saya cuma bisa beli satu aja, semoga ibu ada rizkinya dan habis dagangannyaa. aamiin. akhirnya temen pitiw yang ditebengin dateng. pitiw gasempet pamit karena ibnya lagi nawarin dagangannya ke dalem salahsatu minimarket yang menjamur di pinggir jalan. you know laah, bisa nebak. hehe.

nah, dua hari berturut-turut dikasih kejadia kaya gini sama Allah, bikin mikir juga.. ada apa ini, apa yang Allah harapkan dari pitiw dengan dikasih kejadian begitu selama dua hari berturut2. mungkin yang pitiw ambil adalah pitiw harus lebih bersyukur udah dikasih hidup yang berkecukupan ga harus kaya yang pitiw temuin 2 hari itu. terus pitiw juga harus lebih peka dan peduli dengan lingkungan sekitar, lebih banyak untuk bersedekah dan memberi kepada yang kurang mampu, mungkin salah satu teguran dengan cara yang baik juga, banyak deh pikiran2 pitiw setelah dikasih kejadian kaya gitu. semoga apa yang Allah harapkan dari pitiw melalui kejadian itu bisa ketangkep ama pitiw dan langsung diamalkan dan diaplikasikan sehingga tercapai maksud Allah yang diharapkan ke pitiw. aamiin. astagfirullah, wallahu'alam..
sedikit cerita pengalaman hidup, hikmah, renungan, mengenai tiga kata yang pitiw simpen di judul. muncul su'uzhon terhadap sesuatu, lalu kembalikan ke khusnuzhon kepada Allah dan makhluknya, lalu bersyukur selalu atas nikmat yang diberikan. smangaaaaaaaaaaaatttttttttt!!!!!

#sebenernya ini harusnya ngerjain makalah dsp8 tapi gatahan pisan pengen mosting bisi keburu lupa. hehe.

salam senyum pake hatiii... :) pake <3

oiya, hampir seluruh barang elektronik di rumah pitiw lagi rusak sekarang ini. mulai dari internet, telepon, komputer yang cuma tahan nyala 1 setengah jam dan langsung mati sendiri otomatis dengan manisnya, tv yang kemarin malem tiba2 ga bisa dinyalain, printer yang tadi pagi tiba2 ga keluar tintanya, gabisa dipake ngeprint. astagfirullooh, sedih banget! cobaan, cobaan. hehe. ada sesuatu di balik ini semua. harus dikaji dulu. haha. semuaaa kan ada hikmahnyaa. *sambil nyanyi. :p

No comments:

Post a Comment