Monday, February 28, 2011

deadliners!

hari ini produktif menghasilkan 2buah cerpen yang baru selesai beberapa menit sebelum deadline. haaaaa.. selalu deh. padahal banyak waktu buat mempersiapkan sebenernya, tapi ide tuh suka keluarnya pas mepet-mpet. *alesan mulu. udah ah gamau banyak alesan. buat cerpen selanjutnya harus lebih mateng persiapannya biar lebih dapet dan lebih okeh tulisannya. terus, lebih ngena dong pastinyaa. aamiin. jadi keranjingan ikut lomba nulis gini. gapapa la yaa, positifnya itu, jadi banyak baca artikel juga tentang tema yang ada di lombanya. buat referensi dan nyari ide. hheu. nambah ilmu.


pitiw simpen disini yah si cerpen 1 yang tentang say no to valentine. entah lah sebenernya, pitiw nulis beneran sesuka pitiw nih, belum pake aturan. sebenernya gatau cara nulis cerpen yang sesungguhnya itu kaya apa. benerbener sukasuka apa aja dikeluarin. ckck. masi harus banyak belajar dan cari info. okey, baiklah! :)


ini tulisan yang dikirim buat lomba dengan tema say no to valentine yang diadain sama salah seorang penulis bernama ria fariana lewat note fbnya.
tulisan ini pitiw kasi judul "terus kenapa kalo hari valentine?"


cekidot. ;)




Waw, tiba–tiba inget masa SD nih. Ga  kerasa udah 11 taun aja ngelewatin masa itu. Kenapa tiba-tiba keingetan ya? Gara-gara valentine nih! Loh?! Kok gara-gara valentine? Apa hubungannya coba valentine sama inget masa SD? Eits, tenang tenang.. valentine sama masa SD pitiw ada banget hubungannya. Soalnya hubungan antara pitiw dan valentine dimulai dari masa itu, dimana pada masa SD itu pitiw pertama kali dapet cokelat di hari valentine dari temen laki-laki pitiw, beda kelas pula, pitiw kelas A dia kelas B *ini gapenting. Waktu itu bingung banget, ada apa ini kok tiba-tiba dapet cokelat padahal waktu itu bukan hari ulangtaun pitiw. Dan hari itu bukan cuma pitiw aja yang dapet cokelat, banyak temen-temen lain yang juga dapet cokelat atau malah ngasih cokelat. Pitiw tanya temen pitiw deh, emang hari ini hari apaan sih? Ada apa sebenernya? Temen pitiw jawab, katanya hari ini tuh hari valentine, yang berarti hari kasih sayang. Tanggal 14 februari itu disebut hari valentine, biasanya di hari itu orang-orang pada ngungkapin perasaan sayang sama pacarnya, atau orang yang disayang.  Gitu kata temen pitiw waktu itu. Pitiw iya iya aja, baru tau. Nah, itulah asal mula pitiw tau sama yang namanya valentine. Dan itulah alasan kenapa inget valentine malah inget masa-masa SD. Begitulah ceritanya. Eh, ini belum selesai, baru pengantar. Jangan pada pergi dulu. Hehe.

Setelah dikasih tau temen pitiw itu, baru deh pitiw sering nemuin info-info tentang valentine dari tv, atau majalah-majalah. Mungkin pitiw bisa lebih ngeh karena udah tau ada yang namanya valentine, dulu belum tau jadi ngga terlalu ngeh. Kelas 1 SMP, giliran pitiw deh yang ngasih cokelat valentine. Waktu itu nyari-nyari ke supermarket, banyak paket cokelat yang sengaja dibuat edisi khusus valentine, kemasannya lucu-lucu gitu bingung deh milihnya. Buat siapa coba? Buat seseorang deh pokonya. Dan pitiw lupa loh, akhirnya cokelat itu jadi dikasihin apa malah dimakan sendiri karena ngga ketemu-ketemu mulu sama orangnya. Hahah. Dulu pitiw sempet punya pacar, ya ini nih orang yang mau pitiw kasih cokelat di hari valentine itu. Tapi alhamdulillahnya pas dulu pacaran, pitiw belum baligh, jadi mudah-mudahan belum keitung dosa. Aamiin. Lagian dulu aneh banget pacarannya, ga pernah ngobrol, ga pernah jalan berdua, namanya juga masih budak leutik kalo kata sunda mah. Masih malu-malu, polos. Kaya bukan pacaran lah pokonya. Alhamdulillaah. Jadi pitiw selalu bilang pitiw ga pernah punya pacar atau pacaran. Orang itu ga pernah diitung. Hehe.  Semoga pitiw terus terjaga sampai nanti Allah menitipkan seseorang yang memang benar-benar akan menjadi jodoh pitiw kelak yang memang halal hubungannya dan diridhai Allah. Aamiin. Ini jadi curhat.

Okey, balik lagi ke masalah valentine. Waktu demi waktu berlalu, hari valentine udah pitiw anggep biasa. Merayakan dan memperingati valentine pada saat-saat itu dianggap wajar-wajar aja. Yang ngasih cokelat, bunga, balon, atau apapun ke pasangannya dan orang-orang yang disayang udah jadi pemandangan tahunan di saat valentine. Pada saat itu, hari valentine tambah heboh aja, sering didenger di radio, jadi tema-tema acara, jadi bahasan di majalah-majalah remaja, acara-acara tv juga banyak yang ngebahas tentang valentine. Jadilah valentine menjadi sangat akrab dan sangat dikenal oleh orang-orang, banyak diperingati, terutama oleh kami murid SMP yang masih belum tau apa-apa, senang ikut-ikutan, masih polos bisa dibilang.

Hal tersebut bertahan sampai pertengahan SMA. Mulai pertengahan SMA pitiw mulai mikir, emang valentine teh apaan sih sebenarnya? Darimana asalnya? Gimana asal-usulnya? Kenapa dirayain? Kenapa disebut hari kasih sayang? Ngapain juga ngerayain? Banyak timbul pertanyaan mengenai valentine. Mulai sadar kalo dulu pitiw sebenernya gatau apa-apa tentang valentine, cuma ikut-ikutan aja tanpa tau itu bener apa salah. Yang jelas dulu tuh pitiw cuma tau kalo ga valentine-an kaya ga gaol gitu. Parah memang. Hehe.

Nah, setelah kepikiran tentang pertanyaan-pertanyaan yang timbul barusan itu, tentang apa itu valentine sebenernya, kenapa dirayain, darimana asalnya, dan sebagainya yang udah pitiw sebutin di atas, pitiw mulai dapet info-info tentang valentine. Ada dari mading sekolah, dari ngobrol sama anak-anak DKM sekolah, dan dari bulletin dan majalah-majalah islam. Radio dan koran juga pernah ngebahas tentang bagaimana hukum merayakan valentine dalam islam. Dari situ pitiw baru ngeh, ternyata valentine itu tuh merupakan salah satu budaya barat, sejarahnya pitiw kurang inget, yang jelas kesimpulan pitiw waktu itu di dalam islam ga ada yang namanya valentine, apalagi ngerayainnya. Kalo kita ikut-ikutan ngerayain valentine, berarti kita termasuk golongan mereka yang ngerayain. Karena ada sebuah hadits yang menyatakan “barangsiapa yang mengikuti kebiasaan suatu kaum maka mereka termasuk ke dalam kaum tersebut”. Pitiw gamau dong. Dan mulai saat itu, dimana pitiw udah tau ilmunya, pitiw ga pernah lagi ngerayain valentine dengan ngucapin selamat valentine atau dengan ngasih-ngasih cokelat atau hadiah, pokonya ngga banget deh sama hal-hal yang berbau valentine. Kalo ada yang bilang, “eh, ini kan hari valentine”  pitiw cuma komentar “terus kenapa kalo ini hari valentine?” .

Sekarang kita coba bahas satu-satu yok pertanyaan-pertanyaan tadi tentang per-valentine-an. Biar kita tau ilmunya kenapa kita, sebagai orang muslim, dilarang merayakan valentine. Biar kita juga bisa dengan yakin dan bangga buat SAY NO to Valentine!
Dimulai dari apa itu valentine?
Dari http://luk.staff.ugm.ac.id/kmi/antar/etc/Valentine.html, Ken Sweiger dalam artikel "Should Biblical Christian Observe It?" mengatakan bahwa kata "Valentine" adalah berasal dari kata Latin yang memiliki arti : "Yang Maha Perkasa, Yang Maha Kuat, dan Yang Maha Kuasa" yang ditujukan kepada Tuhan orang Romawi yaitu Nimrod dan Lupercus. Nah, berarti kalo kita mengatakan "to be my Valentine" ini berarti kita memintanya menjadi "Sang Maha Kuasa". Padahal gelar ini hanya pantas untuk Allah swt, Tuhan semesta alam. Kalo kita mengatakan itu kepada sesame manusia berarti kita telah menyamakan Allah dengan makhlukNya. Astaghfirullahal’azhiim. Ini salah satu contoh ekstrimnya.

Asal perayaan hari valentine itu darimana ya?
Menurut sejarah yang akan dibahas setelah ini, perayaan hari valentine yang jelas bukan berasal dari Indonesia, bukan pula ajaran Islam. Perayaan ini berasal dari Romawi, Eropa, dan ada hubungannya dengan acara keagamaan umat Nasrani pada masa itu.

Lalu, gimana sih asal usul valentine sebenarnya?
Kalo ini pitiw copas (copy paste) dari buku aja yaa. Biar jelas sumbernya, bukan hasil karangan, soalnya ini menyangkut sejarah. Hehe. The World Book Encyclopedia,  vol.  20 (1993) melukiskan banyaknya versi mengenai Valentine’s Day:  “Some  trace it to an ancient Roman festival called Lupercalia. Other experts connect the event with one  or more saints of the early Christian church. Still others link it with an old English belief  that birds choose their mates on February  14. Valentine’s Day probably came from a  combination of all three of those sources-plus the belief that spring is a time for lovers.” 

Perayaan Lupercalia adalah  rangkaian upacara pensucian di masa Romawi Kuno (13-18 Februari). Dua hari pertama, dipersembahkan untuk dewi cinta (queen of feverish love)  Juno  Februata. Pada hari ini, para pemuda mengundi nama-nama  gadis di dalam kotak. Lalu setiap pemuda mengambil nama secara acak dan gadis yang namanya keluar harus menjadi pasangannya selama setahun untuk senang-senang  dan obyek hiburan. Pada 15 Februari, mereka meminta  perlindungan dewa Lupercalia  dari gangguan srigala. Selama upacara  ini, kaum muda mencambuk orang dengan kulit binatang dan wanita berebut untuk dicambuk  karena  anggapan cambukan itu akan membuat mereka menjadi lebih subur. 

Ketika  agama Kristen Katolik masuk Roma, mereka mengadopsi upacara ini dan mewarnainya dengan nuansa Kristiani, antara lain mengganti nama-nama gadis dengan nama-nama Paus atau Pastor. Di antara pendukungnya adalah Kaisar Constantine dan Paus  Gregory I. (Lihat:  The Encyclopedia Britannica, vol. 12, sub judul: Christianity)
Agar  lebih mendekatkan lagi pada ajaran Kristen, pada 496 M Paus Gelasius I menjadikan  upacara Romawi Kuno ini menjadi Hari  Perayaan  Gereja dengan nama Saint Valentine’s Day untuk menghormati  St. Valentine yang kebetulan mati  pada  14 Februari. (Lihat: The World Book Encyclopedia, 1998). 

The Catholic Encyclopedia Vol. XV sub judul St. Valentine menuliskan ada 3 nama Valentine yang mati pada  14 Februari,  seorang di antaranya dilukiskan sebagai yang mati pada masa Romawi. Namun demikian tidak pernah ada penjelasan siapa “St. Valentine” termaksud, juga dengan kisahnya yang tidak pernah diketahui  ujung-pangkalnya karena tiap sumber mengisahkan cerita yang berbeda. 

Menurut versi pertama, Kaisar Claudius II memerintahkan menangkap dan memen-jarakan St. Valentine karena menyatakan tuhannya adalah Isa al-Masih dan menolak menyembah tuhan-tuhan orang  Romawi. Maha Tinggi Allah dari apa yang mereka persekutukan. Orang-orang yang mendambakan doa St. Valentine lalu menulis surat dan menaruhnya di terali penjaranya.

Versi kedua menceritakan bahwa Kaisar Claudius II menganggap tentara muda bujangan lebih tabah dan  kuat  dalam medan peperangan dari pada orang yang menikah.
Kaisar lalu melarang para  pemuda  untuk menikah,  namun St. Valentine melanggarnya dan diam-diam menikahkan banyak pemuda sehingga ia pun ditangkap dan dihukum gantung pada 14 Februari 269 M (Lihat: The World Book Encyclopedia, vol. 20, 1993).

Kebiasaan mengirim kartu Valentine itu sendiri  tidak ada kaitan langsung dengan St. Valentine. Pada 1415 M ketika the Duke of Orleans dipenjara di Tower of London, pada  perayaan hari gereja mengenang St. Valentine 14 Februari, ia mengirim  puisi kepada  istrinya di Perancis. Kemudian Geoffrey Chaucer, penyair Inggris mengkaitkannya dengan musim kawin burung dalam puisinya (Lihat: The Encyclopedia Britannica, vol. 12, hal. 242, The World Book Encyclopedia, 1998).

Beuh, agak panjang ya. Dan agak perlu usaha juga buat nyerna. Yaa, maklumlah namanya juga sejarah. Semoga bisa bermanfaat dalam mengenal valentine lebih dalam.

Ini pitiw coba sajiin (berasa makanan) secara lebih singkat dengan bersumber dari salah satu artikel. http://tanbihul_ghafilin.tripod.com/valentineday.htm

Valentine sebenarnya adalah seorang martyr (dalam Islam disebut 'Syuhada') yang karena kesalahan dan bersifat 'dermawan' maka dia diberi gelaran Saint atau Santo.

Pada tanggal 14 Februari 270 M, St. Valentine dibunuh karena pertentangannya dengan penguasa Romawi pada waktu itu iaitu Raja Claudius II (268 - 270 M). Untuk mengagungkan dia (St. Valentine), yang dianggap sebagai simbol ketabahan, keberanian dan kepasrahan dalam menghadapi cobaan hidup, maka para pengikutnya memperingati kematian St. Valentine sebagai 'upacara keagamaan'.

Tetapi sejak abad 16 M, 'upacara keagamaan' tersebut mulai berangsur-angsur hilang dan berubah menjadi 'perayaan bukan keagamaan'. Hari Valentine kemudian dihubungkan dengan pesta jamuan kasih sayang bangsa Romawi kuno yang disebut “Supercalis” yang jatuh pada tanggal 15 Februari.

Setelah orang-orang Romawi itu masuk agama Nasrani (Kristian), pesta 'supercalis'  kemudian dikaitkan dengan upacara kematian St. Valentine. Penerimaan upacara kematian St. Valentine sebagai 'hari kasih sayang' juga dikaitkan dengan kepercayaan orang Eropah bahwa waktu 'kasih sayang' itu mulai bersemi 'bagai burung jantan dan betina' pada tanggal 14 Februari.

Begitulah kurang lebih asal-usul tentang perayaan hari valentine. Sudah cukup mewakili kan? Menurut pitiw sih sudah cukup mewakili jawaban dari pertanyaan di atas. Dan pertanyaan-pertanyaan lainnya seperti, kenapa bisa disebut sebagai hari kasih sayang, kenapa dirayain, dll. Bagaimana menurut kalian? Silakan simpulkan sendiri. :)

Sekarang, setelah selesai membaca tulisan ini, udah pada tau dong ya mengenai valentine. Pitiw coba tutup tulisan ini dengan ayat al-Qur’an dan Hadits yaa biar memperkuat dalil dan keyakinan kita mengenai masalah ini karena kedua sumber ini mah udah ga ada keraguan lagi di dalamnya.
“Dan janganlah kamu mengikuti apa  yang kamu tidak mengetahui tentangnya. Sesungguhnya pendengaran, penglihatan dan  hati, semuanya  akan diminta pertanggung jawabnya.” (QS. al-Isra’: 36). 
“Barangsiapa meniru suatu kaum, maka ia termasuk  dari  kaum tersebut.” (HR. at-Tirmidzi).

So, masih pada mau ngerayain valentine? Pitiw sih engga, udah dari dulu malah. Sekarang sih balik lagi ke diri masing-masing untuk memilih dan memutuskan. Kalo udah tau ilmunya tapi tetep dilakuin mah namanya kebangetan kalo menurut pitiw. Agak kejam ya statementnya. Hehe. Ngga apa-apa dong, demi kebaikan harus sedikit tega dalam menyuarakan kebenaran. Betul betul betul? *pake gaya upin ipin.

Sekarang udah pada berani berucap lantang dengan penuh keyakinan dong buat SAY NO to Valentine. Sekali lagi yuk kita bilang sama-sama : SAY NO to Valentine! Sambil disebarin juga. Sekali lagi deh, apaaa??? (pake gaya rocker yang lagi manggung) SAY NO to Valentiiiiiiiiiiiinneee! Okey, terimakasih. Kalian hebat! :)

Astaghfirullaahal’azhiim.
Wabillaahi taufik walhidayah.
Wallaahu’alam bishshawab.

Mohon maaf setulusnya kalo ada hal yang menyinggung. Ga ada maksud, seriuuuss!!
Semoga bermanfaat. :)

alhamdulillaahirobbil'aalamiin.

naaahh, gitu deh cerpennya. gatau cerpen ato apa lah ini namanya, banyakan sejarahnya. soalnya sebagai dalil ya harus ada sejarahnya. *meureun.

#pitiw yang lagi keranjingan ikut lomba nulis.
mudahmudahan aja ada yang nyangkut jadi juara. aamiin. *ngarep. gpp dong berharap sama Allah. :)

salam senyum pake hatiii. :) pake <3

SAY NO to VALENTINE!!!!!

No comments:

Post a Comment