Saturday, February 4, 2012

takut

hhmm..
ide ini tercetus setelah tadi beres nonton film kungfu kid apa karate kid ya, lupa dong. hahah. tapi kungfu kid kayanya.. :p
tadi pitiw nontonnya ngga dari awal banget sih... tapi lumayan lah, inti filmnya dapet. *soiye dengan tampang meyakinkan*


jadi film itu nyeritain tentang seorang anak non-china yang mau ikutan kompetisi kungfu.. dia dilatih sama seorang guru (jackie chan) dimana guru tersebut independen, ga punya semacam perguruan tempat banyak anak belajar kungfu. nah, pokonya hubungan mereka itu saling melengkapi, ada hubungan timbal balik, saling mengisi dan menginspirasi. si guru belajar dari kegigihan si anak itu, dan si anak itu belajar kehidupan dari gurunya.


well, itu pengantar aja sebenernya. yang mau pitiw ceritain itu di scene menit2 terakhir pas lagi kompetisi kungfu. si anak itu, sebut saja drew, jadi semacam peserta yang tidak diunggulkan tapi lolos ke final. dimana si lawannya itu (sebut saja peserta dari perguruan naga merah) mainnya parah banget, unfair, menghalalkan segala cara, slogannya no mercy - ga ada ampun. ceritanya si drew pas lagi semi final dicurangin sama salah satu anak perguruan naga merah. si guru perguruan naga merah itu nyuruh anak didiknya buat matahin kakinya si drew coba. parah pissunn! akhirnya si drew tumbang dan kakinya bengkak parah. dokter nyaranin buat ngga dilanjutin.


teruuuss, terjadi dialog lah antara si drew dan gurunya (jackie chan).. kurang lebih begini dialog mereka :
drew : guru, menurutmu, apakah aku akan menang jika melanjutkan pertarungan ini?
guru : sebaiknya tidak kau lanjutkan
drew : loh, kenapa guru? bukankah kau yang mengatakan bahwa jika kita jatuh selalu ada pilihan untuk bangkit lagi. kenapa sekarang kau berkata seperti itu?
guru : aku hanya tidak ingin kau terluka lebih jauh lagi. sekarang, apa yang membuatmu sangat ingin melanjutkan pertarungan ini?
drew : karena aku masih TAKUT. aku ingin ketika aku keluar dari arena pertarungan ini aku merasa bebas dan sudah tidak merasa takut lagi.
guru : baiklah


dan akhirnya si drew masuk ke arena lagi. dan menang, walaupun tetep dicurangin sama si finalis dari perguruan naga merah..


well, sesederhana itu alasannya, dia pengen ngebebasin dirinya dari rasa takutnya sama finalis lain atau sama kompetisi kungfu ini atau dari rasa takut kalah, dengan menyelesaikan pertarungannya dan menerobos ketakutan itu sendiri. dan dia akhirnya berhasil karena semua ketakutannya ga terbukti.


ini nih yang masi jadi PR pitiw pribadi. kadang rasa takut yang ada teh cuma buatan sendiri aja. makanya taun ini pitiw kasi judul pendobrak dan penggebrak buat ngebongkar rasa takut kepada selain-Nya yang masih suka nakal ada di pikiran -sebatas pikiran, sekali lagi-


dalam konteks yang beda, di buku swordless samurai ada dibahas tentang ketakutan. menaklukkan seseorang itu mungkin bisa dengan pedang, tapi dengan pedang itu hanya fisik seseorang yang tunduk karena ketakutan sedangkan jiwanya berontak. terus, dilanjut dengan pernyataan : kau bisa memiliki banyak pengikut dengan pedang tetapi dengan itu kau tidak akan pernah memiliki pengikut setia.


nah, ini nyambung sama isu yang memfitnah islam bahwa islam disebarkan dengan pedang dan peperangan. intinya dengan kekerasan. padahal itu sama sekali ngga terbukti. soalnya di buku yang pernah pitiw baca, fakta sejarahnya adalah dahulu selama beratus2 tahun, islam - nasrani - yahudi bisa hidup berdampingan di bawah kekuasaan islam tanpa mereka diminta meninggalkan keyakinannya dengan paksa. nah, lagian Allah memerintahkan kita membebaskan ketakutan dan penghambaan selain kepada Allah dengan cara-cara yang baik, dengan dakwah. dan itu terbukti lebih menghujam dan efektif. terbukti dengan banyaknya yang masih menjadi penganut islam yang taat dan setia di seluruh dunia. sebab, yang Allah perintahkan untuk dibebaskan adalah jiwanya, jadi bisa dibilang jiwanya merdeka, bebas, bebas dari ketakutan-ketakutan dan penghambaan dari selain Allah sehingga dia selalu berani dan tenang dalam menghadapi berbagai ujian dan cobaan. sekali lagi, karena jiwanya bebas, merdeka!


itu aja sih. "sepanjang iniiii dibilang itu aja tiiiww??!" hehe, peace! hanya menuangkan isi pikiran siapatau ada yang tergugah. *naon.


takut? terobos aja! :p


astagfirulloohal'adziim.
wallaahu a'lam bishshawab.


salam senyum pake hatiiiii, :) pake <3

No comments:

Post a Comment