Saturday, September 17, 2011

ga jadi

gimana ya nyeritainnya..
ini pengalaman pertama dalam mengikuti suatu kepanitiaan yang udah terbentuk dan jalan beberapa lama, terus acaranya ga jadi.

sempet ngerasa bersalah karena pitiw selalu berusaha nyemangatin buat keberlangsungan acara ini. dan salut banget sama ketuanya yang sangat semangat dan menjalankan fungsi pengawasan dan controlling dengan sangat baik. sebenernya ga tega pas ngeliat ekspresi ketuanya pas dibilang kalo dengan berbagai pertimbangan dari lembaga, acara ini sepertinya tidak dilanjutkan. dan salut lagi sama ketuanya yang berlapang dada menerima keputusan ini dengan bilang "ini bukan acara saya, ini acara kita, acara lembaga juga, jadi ya gpp." dan dia juga malah minta maaf kalo selama jadi ketua dia ada kekurangan. *pas selesai rapat dia nanya lagi ke anak2 apa kekurangan dia ato salahnya dia pas lagi jadi ketua sampai acaranya bisa ga jadi kaya gini. jeng jeng, sedih pisan iniiii. :'( semoga saja dia ngga trauma buat nerima suatu amanah lagi di kemudian hari. dan ga ada omongan di belakang, it means ke-lapangdada-annya bener2 tulus. dan dia bisa tetep tegar dan kuat juga bisa introspeksi dan ngambil hikmah dari kejadian ini. aamiin.

banyak hal dari kejadian ini yang bisa jadi bahan renungan, bahan introspeksi buat semua yang sudah terlibat dalam kepanitiaan ini, khususnya pitiw. ga tau nih, kadang kemauan hati, pikiran, gerak, sama lingkungan tuh ga harmonis. di pikiran tuh pengennya gini, keluar di geraknya ga sesuai yang dipikirin, terus hati juga jadi bertanya-tanya, kesel sendiri dan lingkungan sekitar juga kaya ga sejalan. *ngomong apa* astagfirullooh.

ada beberapa point penting sebagai intisari apa yang pitiw dapet dari kejadian ini.
1. komitmen. di sini, dari awal panitianya kaya kurang komitmen sama acaranya, dibuktikan dengan banyaknya alasan pada saat akan koordinasi sehingga seringkali tidak bisa hadir dalam rapat bahkan rapat koordinasinya ditiadakan karena pada gabisa dateng.
2. keyakinan. dari awal, kayanya ga ada yang yakin sama acaranya, bahkan penggagas dari acara ini sekalipun. semuanya ragu-ragu, tapi berusaha terus berpikir positif tanpa memperbaharui keyakinan. so, bisa dilihat ujungnya, hambatan yang mungkin sebenernya biasa aja bisa jadi hambatan yang sangat berat rasanya dan tambah menguatkan keraguan.
3. kesiapan. kepanitiaan sebenernya udah dibentuk dari kapan taun sebagai antisipasi dan perbaikan dari evaluasi2 kepanitiaan sebelum ini, it means udah ada niat buat lebih baik agar lebih siap. tapi nyatanya karena berbagai faktor, banyak waktu yang akhirnya ga efektif dan waktu kerja atau waktu persiapan jadi sama aja sama kepanitian2 sebelumnya. mepet waktu, dengan dana yang lumayan besar. ini berhubungan lagi sama kesiapan panitia buat ngadain acara begini. yang ini kalo jadi bakal jadi acara nasional pertama dengan tuan rumah fkg un pad.
4. SDM. nah, ini juga yang jadi salah satu kendala yang terus2an berulang. sdm terbatas. banyak kepanitiaan, tapi sdm yang mau terlibat 4L. lo lagi lo lagi. jadinya fokus pasti jadi kebagi, dan si 4L ini juga cape gitu. jenuh.
5. keputusan. belajar banget tentang bagaimana ngambil dan nerima keputusan yang sulit begini, ga ngenakin, tapi harus dilaksanain sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan berjalan terlalu jauh.
6. realistis. di sini juga belajar mengimbangi antara idealisme dengan realitas yang ada. mau gimanapun, emang harus realistis dalam ngejalanin semuanya. ga bisa memaksakan.
7. saling menghargai dan saling mengerti. udah jelas la ya ini mah. hehe.

mudah2an ini bukan suatu pembenaran dan excuse, hanya mencoba mengambil pelajaran dari apa yang dialamin. rasanya campur aduk karena terus terang pitiw emang lebih cenderung pengen ini emang ga jadi aja. menyangkut beberapa postingan pitiw sebelumnya. parah memang.

cuma pengen share, semoga bermanfaat dan bisa jadi pelajaran, juga pertimbangan kalo mau ngadain suatu acara dengan memperhatikan poin2 yang sempet missed dalam pengalaman pitiw ini.

wallahu a'lam.
astagfirulloohal'azhiim..
alhamdulillaahirobbil'alamiin. :D

salam senyum pake hatiii. :) pake <3

No comments:

Post a Comment