Thursday, June 23, 2011

the power of kepepet

mau ngeshare obrolan ringan sama eni tentang beberapa buku yang udah dibaca..
ada yang menarik.
dia nyeritain tentang buku the power of kepepet.
salah satu topiknya adalah kita ngebahas apa bedanya kepepet sama diiming-imingi.

seperti yang udah kita ketahui sebelumnya. ketika sedang dalam keadaan terdesak *kepepet*, potensi kita yang sebenarnya akan muncul. contohnya nih, kalo kita takut anjing terus ada anjing yang ngejar, pasti kita bakal lari sekenceng2nya bahkan mungkin bisa ngelompatin pager buat ngehindarin anjing.

analogi lain tentang iming-iming sama kepepet adalah : misalnya ada seorang pekerja yang harus menyelesaikan beberapa laporan, si bos menjanjikan akan mengajak dia jalan-jalan ke luar negeri. terserah pegawainya mau kemana juga. asal pegawai itu bisa menyelesaikan laporan tersebut selama satu bulan. awalnya si pegawai tersebut semangat, makin hari karena nyadar kerjaannya banyak banget dia makin males, terus akhirnya nyerah. yaudah lah. pas tau laporannya belum beres, si bos itu nanya ke pegawainya : "kenapa belum selesai? apa hadiah yang saya akan kasih sebelumnya tidak cukup menarik? sekarang kamu selesaikan pekerjaanmu selama satu minggu, kalau dalam satu minggu tidak selesai, kamu akan saya pecat!". langsung lah si pegawai itu cemas dan merasa terdesak. banyak pertimbangan dalam pikirannya. gimana kalo dipecat, ga punya kerja, ga ada penghasilan, gimana keluarganya dll-nya. akhirnya dalam seminggu itu dia rela lembur demi menyelesaikan laporannya sesuai perintah bosnya.

satu lagi, misalnya diantara dua jurang ada satu jembatan kayu reot yang sebenarnya masih cukup kuat, tapi suara decitan kayu2 sama tali yang kadang muir2 *muter2* dan goyang-goyang biasanya bikin ciut buat nyebranginnya. nah, ceritanya ada ni sayembara gitu, siapa yang berani nyebrangin jembatan itu dia bakal dapet hadiah satu milyar yang ada di seberang jurang tersebut. pertama-tama si orang itu takut-takut, masi banyak mikir banyak pertimbangan, gimana kalo jatuh, kalo ini, kalo itu, dll. padahal dia pengen uang itu. terus tiba2 dari balik hutan deket jurang itu keluar harimau yang ngaum2 kelaparan siap nerkam, otomatis si peserta itu langsung lari sekenceng2nya tanpa mikir apa-apa lagi kecuali nyelamatin dirinya. akhirnya, dia ga dimakan harimau dan duitnya dapet.

nah, you've got it?

yoi, iming-iming membuat kita bersemangat hanya sementara. tapi, kita masih mikir, kalo selesai dikerjain ato kalo dapet sesuatunya ya syukur, kalo ngga ya gimana lagi. beda sama kepepet. pikiran kita adalah gimana kita biar selamat. mau ga mau harus! itu mungkin yang pitiw dapet. tapi sekali lagi itu mah tergantung orangnya. semuanya juga balik lagi ke pribadi orang2nya. ada orang yang mungkin dengan iming2 akan sangat bersemangat sampai akhir karena iming2 itu mungkin salah satu impiannya.

oiya, pitiw juga jadi teringat sesuatu. Allah memberikan kita 2 tempat akhir. Surga dan Neraka. Surga itu ibarat iming-iming, dan neraka itu ibarat ancaman. orang biasanya akan lebih keluar potensi dan takut jika diberikan ancaman. seperti misalnya, "kalo kita banyak dosa ntar masuk neraka loh!", beda sama "kalo kamu berbuat baik, ntar kamu masuk surga". contoh ini kalo dipandang dari sisi lain bisa jadi kurang baik sih. kalo ancaman itu ngebuat seseorang ngejalanin karena ga mau menderita dan jadi terpaksa ga nikmatin, itu juga ga baik. haha. yaa, tergantung persepsi, ambil yang baiknya aja.

ini hanya dari salah satu persepsi aja sih, menurut pitiw. hehe.

oiya, dan katanya lagi, kita ga harus kepepet dulu biar bisa keluar potensi asli kita. ada caranya, yaitu menciptakan kondisi kepepet tersebut. tapi ini ga dibahas lebih jauh. hehe.

oke deeehh, selesai.
semoga bisa mengambil sesuatu dari cerita dan hasil obrolan ini. hehe.

ini mau ngelanjutin praktikum OD nih. yang fenomenal itu. ini hari terakhir.
mudah2an bisa selesai hari ini. dimudahkan, dilancarkan, dilembutkan hati dosennya. aamiin.

SEMANGAT PAGIIIII!!!!
transfer energiii positif buat yang bacaaaaa....
+ + + + + + + + + + + + + + + + + + + + +  + + + + + + + +
POSITIF!

salam senyum pake hatiii. :) pake <3

bismillaahirrohmaanirrohiim. :)

No comments:

Post a Comment