Wednesday, June 22, 2011

mau curhat #part dua

suasana di ruang dosen lab praktikum OD..
banyak anak2 yang mau acc lagi pada ngantri, ada beberpa dosen lain selain drg.adis..


ceritanya pitiw lagi hadep2an ama dokter adis mau minta acc, beliau langsung bilang. "kapan kamu masuk? kamu terlambat? kpan kamu minta izin?" nada udah mulai ninggi. "iya dok, saya terlambat, dan tidak meminta izin masuk." jawab pitiw. "kamu tau ini punya siapa?" sambil nunjuk ke phantum kerja. "kamu tidak meminta izin mengambilnya kepada penanggung jawab phantum ini?!" ini udah mulai bentak dan suaranya tinggi banget sampe kedengeran ke seluruh lab bahkan samar2 suka kedengeran sampe lantai atas lab. *biasanya gitu. "KELUAR KAMU SEKARANG!" diusir ini ceritanya. waduuuhh, rasanya gitu aja sih, lebih ke malu aja dibentakin di depan adik tingkat. gatau kenapa udah g pengen nangis, buat apa. toh emang salah pitiw juga. ga minta izin dulu. dikira kalo praktikum tambahan bisa langsung masuk aja dan lagi tadi pas ngambil phantum kerja dan alat2 ke ruang dosen ga ada apa2. terus pas nanya pa yadi juga langsung ditunjukkin tempatnya, ga disuruh ijin dulu. *ini alesan ya? huhu. dan ini kejadiannya beneran kaya yang pitiw bayangin.


yaudah deh pitiw beres2, dan pamit keluar sambil nanya apa boleh ikut praktikum nanti siang apa ngga. beliau jawabnya gantung. "ya lihat saja nanti", begitu katanya.


pitiw keluar, menuju ke perpus. pas pitiw keluar itu masi jam 10 kurang. masi agak lama nunggu jam11. langsung koordinasi ama anak psdmo. pitiw ceritain kejadiannya dan kemungkinan ga bisa ikut ketemuan ama drg.dani. sambil nitipin apa yang bakal ditanyain dan didiskusiin ntar. menenangkan diri bentar, ambil wudhu, solat dhuha.


jam 11 kurang pitiw udah balik lagi ke depan lab, nunggu grup siang masuk. dan tahukah Anda? jam 10.50 drg. dani tiba2 sms kalo ketemunya jadi di jatinangor aja, dan beliau berangkat jam1 dari bandung. berarti nyampe nangor sekitar jam2an. TETOT! bener2 kaget. pitiw langsung ngesmsin anak2 psdmo takutnya udah pada ke bandung dan ngabarin kalo jadinya di nagor. dan bener aja, ada satu orang yang udah otw ke bandung, dan itu udah jauh banget dari nangor, udah keluar tol. cuma bisa minta maaf semaafmaafnya. udah kebayang kan jadinya kaya apa kacaunya jadwal hari itu? hehe. yang tadinya jam12 di bandung, jadi jam2 di nangor, dengan keadaan ada rapat sc lkmm juga jam3, harus milih. tadinya pengen bisa keduanya. yaudah, harus ikhlash biar ringan. dan kita emang bener2 manusia yang ga tau rencana yang ditetapin dan terbaik menurut Allah buat kita pada saat itu.. kita cuma bisa rencana, berusaha, berdoa, keputusan tetep di tangan Allah.


kita lanjut lagiii..


grup siang udah masuk nih ceritanya, dan pitiw masi belum boleh masuk. pitiw ga dianggep. katanya, beliau cuma meladeni orang-orang yang benar2 serius. *gamau ngeladenin yang kaya pitiw. beliau bilang kalo pitiw ga nunjukkin keseriusan. dan beliau bilang juga, ini udah kali kedua kamu berurusan soal waku dengan saya.*. akhirnya pitiw nunggu di luar. masi gatau boleh masuk apa ngga, tapi masi berharap. akhirnya ada kursi kosong lagi, dan pitiw disuruh masuk Alhamdulillaah. sebelum masuk, pitiw diingetin kalo ga ada jam tambahan.


seneng banget ya Allah.. dan tahukah apa kejutan berikutnya???


ini agak cerita dikit dulu yaa, hehe. *ari daritadi bukan cerita?bzzt*
jadi tuh sebenernya kerjaan pitiw udah tinggal dikit banget. pas jadwal praktikum itu sebenernya tinggal selangkah lagi buat diacc, tapi waktunya udah keburu abis. nah, jadi pas praktikum tambahan ini otomatis kerjaan pitiw tinggal dikit lagi sebenernya. udahan cerita pengantarnya.


lanjuuuutt..


di lab pitiw kerja ngoprek2 bentar, meriksa lagi udah layak acc apa belum, akhirnya beraniin diri ke ruang dosen buat acc. acc pertama ditolak, masi ada yang kurang, pas acc kedua udah bener. tapiiiii disitu pitiw dinasehatin abis2an..!!! dari nada rendah ampe tinggi. tinggi banget. face to face. kurang lebih begini percakapan dengan beliau.
drg.adis : oh, jadi mentang2 kerjaan kamu sedikit lagi jadi kamu dengan seenaknya bisa datang praktikum kapan saja? kamu menyepelekan praktikum ini? kamu tau pengorbanan dokter-dokter di sini? dokter opik mengundurkan jadwal kepergian ke korea hanya karena beliau menyediakan waktu untuk kalian, kelas reguler, dan dokter deni, beliau mengancel jadwal liburan dengan anak2nya karena beliau juga peduli dengan mahasiswa di sini. tidak usah disebut pengorbanan saya yang kemarin jam setengah dua bela2in datang ke lab. kamu mengira ah, datang jam berapa saja juga dokter adis pasti gpp, kemarin juga dia telat, begitu?? atau karena kamu tinggal sedikit lagi jadi akan cepat di-acc dan bisa datang seenaknya? begitu? ini sudah kali kedua. saya kecewa. sekarang saya tanya apa alasan kamu datang terlambat kali ini? selain minggu kemarin ketinggalan hp dan menginap di rumah nenek lah *sambil gitu deh nadanya, nyehnyehnyeh gimana gitu yang nyepelein*. apa? apa alasan kamu sekarang?
pitiw : memang salah saya dok, saya belum bisa memenej waktu dengan baik. saya memang terlambat berangkat.
drg. adis : tidak bisa memenej hanya alasan kamu saja. memang kamu berangkat dari rumah jam berapa? apa saja yang kamu lakukan tadi pagi saya mau tau!
pitiw : jam8 dok.
drg.adis : JAM8??? rumah di bandung berangkat jam8????!!! kamu benar-benar tidak menghargai kami dan pengorbanan kami. dan dapat saya ambil kesimpulan kamu menyepelekan praktikum ini. apa saja yang kamu kerjakan sampai jam8 baru berangkat??
pitiw : saya beres2 rumah dok, dan menyetrika, lalu makan, siap-siap. *fban ga disebut. hehe.
drg. adis : ooohhh, beres2 rumah. jadi kamu benar2 menyepelekan praktikum. lebih penting beres2 di rumah dan menyetrika.. yaa baguuuss. beres2 rumah sama nyetrika dokter opik katanya. *sambil bilang2 ke dokter yang lain.* memangnya kamu tidak menganggap praktikum ini penting? dari kemarin sudah saya warning kan bahwa kalian harus sudah berada di lab pada pukul setengah 9. betul?
pitiw : iya dok
drg. adis : lalu kenapa kamu masih saja begitu non. saya sangat kecewa, kamu mengecawakan kami, tidak menghargai dan menyepelekan praktikum ini! hanya alasan saja kamu mah. sekarang minta maaf ke dokter deni dan dokter opik yang telah mengorbankan waktunya untuk kamu! ceritakan juga kejadian minggu lalu.
pitiw : baik dok, sambil pergi menuju dokter opik.


pitiw : saya minta maaf dok atas kelalaian saya. saya akui ini memang salah saya. ini sudah kali kedua dok, minggu lalu saya bla bla bla, nyeritain ini,
terus dokter opik nyimpulin gini, "kamu mencoba berbakti dengan cara memberi contoh mengerjakan pekerjaan rumah, tapi ada yang lebih penting, yaitu dari sisi akademik. menurut saya pengabdian terbesar seorang anak adalah ketika memperoleh nilai akademik tertinggi karena itu yang bisa dibanggakan ketika orangtua kalian bertemu dengan keluarga atau sahabat dan bercerita ttg anaknya. tur lagi waktunya dengan baik. karakter orang maju itu tidak pernah mengulang kesalahan dan bisa belajar dari pengalaman orang lain. kita tidak hanya belajar dari pengalaman sendiri yang kita alami, kita juga bisa belajar dari pengalaman orang lain yang pernah mengalami." *sebenernya panjang banget ampe nyambung ke hierarki keluarga apalah itu. tapi intinya yang disebutin di atas. *walopun sebenernya ada bbrp statement beliau yang pitiw ga setuju. yaa, namanya juga pandangan orang beda-beda, ambil yang baik aja. :)


selanjutnya pitiw minta maaf ke drg. deni. tapi beliau ga banyak ngomong, cuma maafin aja. katanya udah disimpulin sama drg.adis dan drg. opik.


balik lagi ke drg. adis...


drg. adis : ngerti kamu non? apa aja yang bisa kamu ambil?
pitiw : iya dok, mengerti. saya harus lebih bisa mengatur waktu dengan baik, mengatur prioritas, komunikasi dengan orang tua harus lebih baik, selalu belajar dan tidak mengulangi kesalahan yang sama, jangan banyak alasan, lebih menghargai pengorbanan dosen, bentuk pengabdian/berbakti tidak hanya dengan  beberes, ubah mindset. kebanggan orang tua adalah ketika melihat anaknya meraih nilai akademik tertinggi.
drg. adis: itu saja? ada yang lebih penting non! apa kira-kira?
pitiw : .......... *diem.
drg. adis : jujur sama diri sendiri non, ga usah banyak alasan. ini lah itu lah. saya juga tau. tidak usah menyalahkan ini, itu, lingkungan, sodara, orang tua. dokter deni, dokter opik, karena saya tidak mau kebaikan saya disalahartikan, dan agar saya tidak menjilat ludah sendiri, bagaimana kalau hari ini dia tidak bisa melanjutkan pekerjaan ke tahap berikutnya, hanya sampai tahap yang dia kerjakan ini saja?
*dokter deni dokter opik setuju2 aja. ngangguk.* kamu boleh bekerja ke tahap selanjutnya hanya jika  besok kamu datang tepat waktu. buktikan kepada kami.


JEB! dari situ pitiw nyimpulin kalo dokter adis tuh nyangka semua yang pitiw ceritain itu adalah kebohongan belaka, apalagi yang pas hp ga dibawa di rumah enin. katanya jangan banyak alasan. tidak usah bersilat lidah dan menyalahkan lingkungan dan orang lain. pitiw udah mulai panas mata. tapi alhamdulillah masi kekontrol ga ampe nangis dan ngeluarin air mata.


haaaa,, sedih dibilang boong. T_T padahal pitiw nyeritain yang sebenernya. tau sendiri lah meureun orang yang udah kenal pitiw mah. pitiw orangnya cerita apa adanya, dan emang bentuknya kaya cerita gitu kalo lagi nyampein. dan drg.adis sangat tidak suka alasan. ga mau denger alasan. memukul rata semua alasan. kayanya kalo telat ya ngaku telat gausah alesan dll. tapi kan kalo emang ternyata emang gitu keadaannya ya gimana. terus kan di percakapan tadi juga ditanyanya alesan, ya jadi pitiw jawab..


tapi pitiw juga jadi evaluasi dan mikir lagi, apakah sebenernya dengan kata2 seperti itu pitiw nyalahin lingkungan?? nyalahin orang-orang sekitar?? padahal di depannya selalu pitiw awali dengan. maaf dok, ini memang kesalahan saya, saya akui ini memang kelalaian saya. tapi kenapa kesimpulannya bisa gituuu?? ga mau banget dicap sebagai tukang boong, pandai bersilat lidah, suka alesan. apa kata2 jawaban pitiw emang bisa disebut alesan dan pembenaran? haaaaa,, astagfirullaahal'azhiim.. jadi pitiw harus gimana? yang jelas pitiw selalu berusaha jujur dan menyampaikan sebagaimana yang terjadi. dan pitiw tuh suka ada aja cerita konyol yang mungkin kata orang emang bisa ya? tapi da gitu. hidup pitiw kan seru! ga biasa, banyak cerita. hahaha. :p


ya, hari itu banyak sekali hikmah dan pelajaran yang bisa diambil. banyak pencerahan, penguat mental, pengalaman, pembelajaran kehidupan, dll. walau jadwal hari itu sangat amat kacau. melenceng jauh dari yang direncanakan. dan tahukah Anda? taunya drg. dani baru nyampe nagor jam setengah3an dan harus langsung ke FK sehingga pertemuan dengan anak psdmo-nya ga ajadi karena acha boggi perwakilan psdmonya harus perwalian. ga bisa menunggu drg.dani selesai mengurus keperluannya di FK.


oiya, ada yang lupa. sekalian sebagai penutup cerita. drg. Adis tu yah emang da best emang, dia professional dan tetep fair. walopun udah dimarahin ampe abis2an, kalo kerjaan kita bagus beliau tetap akan dengan senang hati ngasi nilai sempurna. dan itu yang pitiw alamin. subhanallah. makasih dokter adis, mungkin memang begitu cara mendidik beliau. kita ga bisa nyamain persepsi kita tentang cara mendidik yang baik, setiap orang punya caranya sendiri, we have our own style! dokter adis, mendidik dengan gayanya yang seperti itu. yang jelas beliau ingin yang terbaik bagi kita, anak didiknya. so, bersyukurlah! :)


oiya, satu lagi. beneran terakhir ini mah. pas pitiw mau pulang kan kebiasaan di lab OD harus beresin tempat kerja sendiri dan nyapu tempat kerjanya, nah, pas saat itu pitiw langsung pamit aja. da nyangkanya orang2 masih pada praktikum dan toh pitiw juga cm bentar pake tempatnya. dan ketauanlah ama dokter adis.
drg. Adis : udah nyapu non?
pitiw : belum dok
drg. adis : oh, yang di rumahnya katanya beberes tapi kewajibannya di sini tidak dikerjakan, kamu tidak usah bersilat lidah ya, kalau kamu konsisten kamu pasti akan melaksanakan kewajiban kamu.. betul tidak?
pitiw : iya dok, terimakasih. -________-" kesalahan di injury time. kena semprot lagi deh. hehehehe.


fin.
------------------------------------------------------------------------------------------------------


asatgfirullooh yang banyak banget..
astagfirullooh, astagfirullooh, astagfirullooh..........
laa haula wa laa quwwata illa billaah..


saya lemah tanpaMu ya Allah. sekaligus bisa kuat karenaMu. alhamdulillaah. :)


BETTER BETTER BETTER, always!


jgn diulang yaa pitiw.. buktikan kepada beliau2 yang sudah berkorban. ayo calon ahli konservasi gigiiii!!! aamiin. *semoga beneran passionnya di sini. walaupun mungkin emang karena ada rasa tertantang aja sih sebenernya. hehe.


semoga curhatan ini ada manfaatnyaa. aamiin.


salam senyum pake hatiii. :) pake <3


SEMANGAAATT!!

No comments:

Post a Comment