Monday, July 25, 2011

syndrome pasca KKN!

assalamu'alaikuum..
alhamdulillah lah nemu blog lagiii.. kangen pisaaann. :_) *terharuu
helooo efribadeeeeehhh!!! apakabar?? maaf ya ditinggal lamaa.. *haha. soiye.
kemarin pitiw baru aja terdampar di suatu desa yang miskin sinyal. jadi internet sangat sulit untuk diakses. :(
pitiw baru saja menyelesaikan KKNM - Kuliah Kerja Nyata Mahasiswa.
tempatnya di Desa Karamatwangi - Kecamatan Cikajang - Kabupaten Garut !
it was so so amazing, incredible, and unforgetable experience!!! MENGESANKAN!
banyak banget cerita, kalo dijabarin semua bisa jadi satu buku meureun.. haha
pitiw aja sampe punya buku khusus buat nyeritain semua kejadian selama KKN, walaupun cuma berhasil konsisten dikerjain selam 20 harian. hehe. sampe dibilang aneh, autis. waee. biariinn. :p

cerita tentang profil desa ntar pitiw jabarin deh yaa,, pitiw copy dari tugas essay yang ditugasin buat semua anak sebagai tugas individu.. tapitapiiii datanya lupa pitiw back-up soalnya dikerjainnya di laptop temen. pokonya as soon as possible pitiw posting setelah filenya berada di tanganku. hadooohh, naon deui. -_-"

banyak pisan lah pembelajaran yang didapet. subhanallah. intinya pengenalan karakter, saling menghargai, saling mengerti, mengenal kondisi masyarakat sebenarnya, belajar melihat keadaan secara realistis, punya kebiasaan baru selama sebulan, menikmati keindahan alam yang subhanallah masi asri pisan, dapet banyak hal baru, banyak pisaaann pokonyaaa.. alloohu akbar!! :D

terus naha judulnya sindrom pasca kkn??
jadi begini sodarasodaraaa.. sini sini pitiw coba ceritain yaa tentang keadaan kkn. jadi tuh kita itu selama kkn tinggal bersama 15 orang dan berkumpul bersama untuk beraktivitas dengan 24 orang (setelah digabung sama cowo).. dimana itu sangat banyak dan ramai bukan orangnya??
laluu,, setiap pagi, siang, malam, kita sampe punya kebiasaan.. yang rutin dijalanin..
misalnya pagi-pagi bangun dalam keadaan banyak orang, trus nyari makanan ke dapur, lanjut piket masak, ngumpulin orang buat makan dan bilang "makanan udah siaaapp!!" abis gitu ngantri mandi, terus beraktivitas ada yang main game di laptop, nonton dvd, beres-beres, atau ngerjain program, dilanjut malem2 evaluasi kegiatan hari itu + ngerencanain kegiatan besoknyaa, maen kartu uno, gebrakan, maen bekel, cerita di spot favorit (meja makan pojok dapur), curhat malem, beauty class, kelas tari india dan segudang aktivitas lainnyaa... -ini baru dari satu sisi-

sisi yang lain adalah bahasa-bahasa yang hip bgt di antara anak-anak kkn.. misalnya kalo ada yang nanya, "kamana mang?" jawabnya "ka balong!" pake logat sunda yang mengayun gimana gitu. trus logat anak2 yang jadi trendsetter dan ditiruin anak2, kaya "morniiiiinngg!!!" pake suara cempreng ala prisil, "hadoooohh!!" dan "O God!!" pake suara bulet dan dalem ala poulo *nama orang. trus nada me ning gal -nya bara, gaya to the to the misal : to the gan to the deng, GANDENG! to the oh to the my to the God, OH MY GOD! gaya akyu kamyu-nya ramdiii, gaya "hellooo, udah ngomongnya?" ala nun. haaaa, banyak pisan!

belum lagi hal-hal lain kaya garingnya si pale, yang suka ditepuk garingin sama tepuk diam, terus ngajak main jijis, disampeur anak-anak, makan di mang eden (tempat makan ayam kampung goreng ato bakar), ngobrol ama si teteh yang punya rumah, ciyaaatttnya jijis (anak si teteh yg punya rumah), agi teeehh agiii,, maen teeh, doooyyy (door gaya anak2 yg masi cadel), trus mau ke teteeh, teteh jijiiiss, terus belanja ke pasar, naek elf, naek colt buntung, fenomena ga ada sinyal sampe harus nyari2 kalo mau smsan ato telfonan, kebersamaan, dll.

hal-hal tersebut rutin dilakuin selama 1 bulan. sekali lagi RUTIN!

nah, bagaimana keadaannya ketika kebiasaan yang RUTIN itu tiba-tiba hilang karena masa KKN yang telah habis dan anak2 udah pada pulang ke tempatnya masing2. dimana di rumah itu kita tidur di kamar sendiri, terus dimasakin, sinyal ada terus, pas bangun udah ga di desa lagi, sepi.

nah, itulah sindrom pasca kkn. pitiw juga ngalamin lah 2 hari ini. asa linglung gimana gitu. belum biasa lagi. masi kebayang-bayang terus suasana dan kebiasaan di desa. Pas bangun teh asa mikir dulu ini dimana. pas mau makan asa inget masak dan suasana kkn, berasa ada yang hilang. ya kebiasaan yang rutin tadi. status2 fb, bbm, pada galau kkn. banyak banget. ada yang nulis kangen, ada yang flashback ke masa2 kkn, gitu deh pokonya.. alhamdulillaah pitiw sih setelah tadi jalan-jalan ke fkg dan ketemu anak2 fkg lagi jadi mulai tersadarkan. "hellooo,, elo udah di bandung lagi dengan segudang amanah dan kerjaan yang harus dikerjain, banguuunn!! udahan linglungnya, bergeraaakk!!!"

boleh aja sedih dan sindrom pasca kkn, wajar banget. tapi gabaik kalo berlarut2 juga. galau terus2an yang bikin ga produktif. toh memang itu fase yang musti dilalui. itu mah udah kejadian dan ga bisa keulang lagi mau digimanain juga. cuma bisa dikenang dan diambil pelajarannya. sekali lagi, cuma butuh waktu untuk membiasakan diri kembali ke kehidupan kita yang biasa dan sebenarnya, lepas dari rutinitas dan kebiasaan kkn.

gitu deh kkn dengan berjuta warna dan cerita! pokonya to the SE to the RU, SERU! subhanallah pisan pengalamannya..

i love you kknm karamatwangii familyy.. mmwwah. :*

astagfirullooh, wallohu'alam bishshowab.
semoga tetap bisa bermanfaat curhat cerita gajelas ini. bisa dibilang share pengalaman sih lebih gayanya mah. haha.

dadaaaahhh..
salam senyum pake hatiii.. :) pake <3
*kangen pisan lah bilang inii.. :")

sekarang pitiw sudah siap kembali beraktifitas di kehidupan dan aktifitas sebenarnya.
syndrome pasca kkn pitiw, SELESAI!

bismilaahirrohmaanirrohiim.
alhamdulillaahirobbil'aalamiin. :)

makasih pisan ya Allah buat semuanya. :*

No comments:

Post a Comment